Pengalaman Belajar Mata Kuliah Komputer di Prodi D-3 Bahasa Inggris Jurusan Bahasa, Komunikasi dan Pariwisata Politeknik Negeri Jember.





        
Assalamualikum Wr. Wb

Perkenalkan nama saya Aditya Intan Ratnasari. Biasa di panggil Adit atau Dita. NIM F31191557. Saya mahasiswa semester satu prodi D-3 Bahasa Inggris jurusan Bahasa, Komunikasi dan Pariwisata Politeknik Negeri Jember. Memiliki hobi membaca novel, mendengarkan musik, memasak dan jalan-jalan ke tempat yang alami dalam artian bukan wisata buatan contohnya pantai. Tidak terlalu suka di situasi yang ramai dan ketika jalan-jalan paling merasa bahagia ketika di perjalanan menuju tempat wisata. Ketika sudah sampai di tempat wisatanya biasa saja, hahaha. Aneh? Iya, memang. Paling benci waktu di ajak belanja dan milih-milihnya lama. Bercita-cita menjadi seorang perawat tetapi nyangkut di jurusan Bahasa. Saya berasal dari Magetan. Kota kecil perbatasan antara provinsi Jawa Timur dan provinsi Jawa Tengah. Cukup menempuh waktu dua jam saja saya sudah sampai di provinsi Jawa Tengah. Sesuai dengan program studi yang saya pilih maka sudah pasti setiap hari saya akan bertemu dengan grammar, pronounciation, speaking, listening dan kawan-kawan. Namun selain belajar Bahasa inggris ternyata juga ada mata kuliah umum. Salah satunya mata kuliah komputer. Mata kuliah komputer adalah mata kuliah yang mempelelajari semua hal tentang komputer. Di semester pertama prodi Bahasa Inggris ini, khusus mata pelajaran komputer akan mempelajari tentang Microsoft Exel, Microsoft Word, dan Microsoft Power Point. Di materi Microsoft Exel tentu saja kita akan lebih banyak mengolah angka dan mengolah data. Contohnya membuat tabel, menghitung gaji menggunakan rumus dan lain lain.  Di materi Microsoft Word, kita belajar mengetik sepuluh jari, membuat dokumen, membuat surat undangan, mengedit buku, membuat proposal dan lain-lain. Nah, di materi Microsoft Power Point kita belajar bagaimana cara membuat slide presentasi yang bagus dan tentu saja menarik.

Menurut saya dosen-dosen di mata kuliah komputer ini ramah dan menyenangkan. Penjelasan materinya pun dapat dengan mudah dimengerti. Ada tiga dosen yang mengajar mata kuliah computer. Yang pertama ada Bapak Ihwan Huda Al Mujib, S.I.Kom, M.I.Kom. Beliau biasa di panggil Pak Mujib dan berasal dari Jember. Pak Mujib merupakan Koordinator Mata Kuliah Komputer. Pak Mujib menempuh pendidikan S1 Ilmu Komunikasi di Universitas Merdeka Malang dan melanjutkan pendidikan S2 Ilmu Komunikasi di Universitas Brawijaya Malang. Pertama kali yang mengajar mata kuliah komputer di prodi Bahasa Inggris khususnya angkatan saya adalah Pak Mujib. Beliau saat itu mengajar materi Microsoft Exel. Dan materi Microsoft Exel ini lah yang membuat saya dan teman-teman sedikit kewalahan karena begitu banyak nya rumus yang harus kita gunakan di setiap tugas-tugas maupun latihan materi Microsoft Exel. Yang kedua ada Bapak Muhammad Dzulkifli, S.Pd, M.Sc. Beliau biasa di panggil Pak Dzulkifli dan berasal dari Yogyakarta. Pak Dzulkifli merupakan Dosen Asisten I. Pak Dzulkifli menempuh pendidikan S1 Pendidikan Bahasa Inggris di Universitas Negeri Yogyakarta dan menyelesaikan pendidikan S2 Kajian Pariwisata di Universitas Gadjah Mada Yogyakarta. Beliau mengajar materi tentang Microsoft Word. Yang ketiga ada Bapak Mushthofa Kamal, S.Par, M.Par. Beliau biasanya di panggil Pak Kamal dan berasal dari Bandung. Beliau sebagai Dosen Asisten 2. Pak Kamal menempuh pendidikan S1 Menejemen Pariwisata di Universitas Pendidikan Indonesia Bandung dan menempuh pendidikan S2 Perencanaan Pariwisata di Institut Teknologi Bandung. Pak kamal turut serta mengajar materi Microsoft Exel, bersama dengan Pak Mujib, juga mengajar materi Microsoft Word bersama dengan Pak Zulkifli dan saat ini Pak Kamal mengajar materi Microsoft Power Point. Selain di ajar oleh dosen kami juga di ajar oleh teknisi yaitu bapak Tri Wahyu Nur Cahyo, A.Md. Beliau biasa di panggil Pak Wahyu dan berasal dari Situbondo. Pak Wahyu merupakan alumni program studi D-3 Bahasa Inggris Jurusan Bahasa, Komunikasi dan Pariwisata Politeknik Negeri Jember.  

Mata kuliah komputer ini menurut saya memiliki manfaat yang sangat besar. Apalagi di era globalisasi yang semua serba menggunakan kecanggihan teknologi ini, memiliki kemampuan untuk mengoperasikan komputer adalah sesuatu yang penting. Dengan kita bisa mengoperasikan komputer, hal ini akan memudahkan kita ketika kita mendapat tugas dari dosen untuk mengerjakan suatu tugas, laporan, makalah dan tentunya sangat membantu ketika kita menyusun tugas akhir. Selain itu jika kita bisa mengoperasikan komputer, hal ini dapat menunjang dan mempermudah kinerja kita ketika kita memasuki dunia kerja.

Hal yang paling berkesan ketika saya belajar mata kuliah komputer yaitu ketika saya diberi tugas oleh dosen dan saya bias mengerjakannya. Seperti ada kepuasan tersendiri ketika saya bisa mengerjakan tugas tersebut. Itu berarti materi yang di berikan oleh dosen dapat dengan baik saya terima dan tertanam di otak saya. Hal yang kurang berkesan menurut saya adalah ketika saya belajar materi Microsoft Exel dan saya tidak paham-paham. Rumus yang di gunakan di materi Microsoft Exel ini lumayan banyak. Apalagi jika sudah menggunakan rumus gabungan, cukup membuat kepala menjadi pening. Jika masih di rumus sederhana, masih okelah. Jadi menurut saya yang perlu saya perbaiki kedepannya adalah saya harus belajar lebih giat lagi terutama di materi-materi yang kurang saya pahami supaya dapat mengerjar ketertinggalan. Jika saya masih stuck dan tidak mau belajar saya akan tertinggal jauh dan semakin tidak paham. Materi akan terus berjalan baik saya paham ataupun tidak. Jika materi sudah banyak dan saya tidak mau belajar lebih giat untuk mengejar ketertinggan maka saya akan rugi sendiri. Materi sudah di berikan dengan baik dan jelas oleh dosen mengapa tidak saya serap sebanyak-banyak nya materi yang di berikan. Yang salah siapa? Saya sendiri pasti.  Jadi hal yang perlu saya tinggalkan adalah rasa malas saya untuk belajar yang terkadang datang. Ini yang sangat berbahaya ketika belajar. Ada saja hal-hal mengganggu konsentrasi ketika belajar. Contohnya ketika di ajak ngobrol oleh teman. Konsentrasi pasti langsung buyar dan sudah pasti lebih memilih melanjutkan ngobrol dengan teman karena dirasa lebih seru dan tidak membosankan. Padahal jika kita sadar hal ini sangat merugikan diri sendiri. Selain itu peran hp juga sangat mengganggu. Ketika belajar dan Hp diletakkan di dekat kita, rasanya Hp seperti berbicara “Sini ayo main sama aku aja”. Apalagi jika ada notifikasi masuk, tangan rasanya sudah gatal sekali ingin membuka nya. Apa ya, dari siapa ya. Dan hal yang paling berbahaya selanjutnya adalah rasa kantuk yang tiba-tiba menyerang. Jika sudah begini apapun materi yang diberikan oleh dosen lewat saja tidak ada sama sekali yang nyangkut di otak. Jika sudah begini kembali fokus sangat susah. Maka dari itu menghilangkan rasa malas ketika belajar dan berusaha untuk selalu fokus sangat penting untuk dilakukan. Rugi rasanya bila sudah datang jauh-jauh dari luar kota dan ternyata di kampus tidak ada materi yang di dapatkan karena tidak memperhatikan dosen dan kurang fokus. Selain itu juga kita harus pandai-pandai mengejar ketertinggalan. Mungkin hal yang sekarang di anggap sepele akan berguna di lain waktu. Jadi jangan menyepelekan hal sekecil apapun. Kelak jika dihadapkan dengan hal yang dulu di anggap  sepele pasti menyesal . kenapa ya dulu tidak saya pelajari dan penyesalan-penyesalan lainnya. Manfaatkan waktu sebaik mungkin dan serap ilmu sebanya-banyaknya.

Sekian blog saya kali ini. Sampai jumpa kembali di blog-blog selanjutnya. Wassalamualaikum Wr. Wb.

Komentar