Sudah Membaca Buku Hari Ini?

Aditya Intan Ratnasari
17/B
F31191557


Assalamualaikum Wr. Wb

Selamat malam semuanya.

Sudah membaca buku hari ini? Jangan lupa luangkan sedikit waktu kalian untuk membaca buku.

Apa kalian sudah pernah membaca novel If You Know Who?
Novel If You Know Who di tulis oleh itsmelndriya. Awal mulanya itsmelndriya menulis novel ini di platform menulis dan membaca cerita yaitu Wattpad. Novel ini telah di baca oleh 4,5 juta pengguna Wattpad. Novel ini bergenre romance yang di terbitkan oleh Loveable yang bertempat di Jakarta pada tanggal 17 januari 2018. Selain itu juga novel ini banyak mendapat apresiasi  dari para pembaca, terbukti pada cetakan kedua, buku ini dilabeli National Book Best Seller dan pada cetakan ke tiga, sudah di labeli akan di film kan. Sebenarnya novel If you Know Who ini adalah sambungan dari novel sebelumnya yang berjudul If You Know Why. Maka dari itu sebelum membaca novel If You Know Who di sarankan supaya kalian membaca novel If You Know Why terlebih dahulu sehingga kalian akan mengerti alur ceritanya secara runtut dan jelas.  

Cover dari novel If You Know Who ini cukup menarik. Di sana terdapat gambar wajah seorang laki-laki dengan background warna putih yang di padukan dengan tulisan warna abu-abu dan hijau. Di tambah lagi dengan adanya kata “I’m not as stros as you see”.  Melihat covernya saja sudah membuat kita penasaran dan semakin tertarik untuk membaca novel ini bukan?

Novel yang memiliki 350 halaman ini menceritakan kisah seorang perempuan yang bernama Vennelica Calista yang terbangun dari tidur panjang nya. Dia mengalami koma akibat kecelakaan yang menimpa dirinya. Pada saat terbangun ia lupa dengan segala hal termasuk namanya. Sehingga dia harus memulai lagi hidup barunya bersama keluarganya. Dan ia pun merasa bahagia. Karena telalu lama bangun dari tidur panjang nya banyak orang yang menjuluki dia “ Vanilla”. Awalnya dia merasa bingung dengan nama tersebut. Ia merasa itu bukan namanya, namun orang orang selalu memanggil dia dengan nama itu. Suatu ketika ia bertemu dengan seorang lelaki yang bernama Davarianova Pramudya Pamungkas yang biasa di sapa “Dava”. Dava merupakan lelaki yang memiliki mata berwarna hazel dengan wajah sedingin es. Namun lambat laun Vennelica jatuh ke dalam pesonanya dan tumbuh benih-benih cinta di antara mereka.

Seiring berjalannya waktu Vennelica merasa ada yang aneh dengan hidupnya. Dia merasa orang-orang yang melihat dia seakan akan seperti melihat orang yang sudah mati namun hidup kembali. Lalu ia mencoba mencari tahu dan memecahkan semua teka-teki di hidupnya yang baru dan masalah yang tak berhenti datang. Vennelica adalah perempuan yang selalu terlihat tegar dan kuat. Namun di balik sikap tegar dan kuat tersebut hatinya sangat rapuh. Bukan hanya masalah percintaan nya saja yang rumit namun keluarga dan persahabatannya pun hancur hingga suatu ketika Vennelica tahu bahwa nama aslinya yaitu “Vanila”.

Dia pun akhirnya juga mengetahui bahwa ternyata dia memiliki saudara kembar. Dia merasa sangat senang ketika bertemu dengan saudara kembarnya. Namun terjadi lagi, kebahagian yang ia rasakan tidak berlangsung lama. Ternyata orang tua nya menjodohkan saudara kembarnya dengan lelaki yang ia cintai yaitu Dava. Namun setelah melewati perjalanan yang panjang dan menguras air mata akhirnya mereka dapat bersatu dan berakhir bahagia.

Yang paling menarik dari novel ini yaitu alur dari ceritanya sangat jelas dan runtut. Sehingga pembaca dapat dengan mudah memahami dan mengerti bagaimana cerita ini bisa terjadi dan bagaimana nanti akhirnya. Pemilihan kata yang di gunakan oleh penulis pun sangat mudah di mengerti. Tidak terlalu kaku dan cenderung santai. Kata kata cukup ringan namun mampu membendung air mata para pembaca.  Pembawaan ceritanya pun sangat mengena. Sehingga pembaca larut dalam emosi dalam cerita dan seolah-olah pembaca merasakan apa yang tokoh utama rasakan. Dalam setiap akhir dari suatu bagian, cerita di buat menggantung sehingga membuat pembaca sangat antusias untuk melanjutkan membaca novel ini.  Dan yang tak kalah penting nya adalah banyak sekali pelajaran yang bisa di ambil dari novel ini. Novel ini mengajarkan bahwa kita harus tetap sabar dan tabah dalam menghadapi situasi seburuk apapun. Jangan sampai kita patah semangat dan menyerah. Apapun masalahnya pasti ada acara untuk menyelesaikannya.

Namun setiap kelebihan pasti memiliki kekurangan. Kekurangan dari novel ini adalah terlalu banyaknya adegan flashback. Mungkin tujuan dari penulis untuk memudahkan pembaca mengingat adegan tersebut, namun jika terlalu sering atau banyak justru hal ini akan membuat bosan. Selain itu ada juga beberapa bagian tulisan yang terdapat kesalahan penulisan dan juga terdapat salah cetak. Tidak banyak memang, namun tetap saja hal ini mengurangi keindahan cerita dari novel ini.
Untuk kalian yang ingin membaca novel ini kalian bisa membelinya di Gramedia atau di toko toko buku favorit kalian. Buat kalian yang malas pergi ke luar rumah, kalian juga bisa membeli novel ini lewat platform belanja online seperti Shoppe, Lazada, Toko pedia, dll. Kalau masih malas lagi, kalian bisa membeli versi e-book nya melalui google book. Tentu sangat mudah bukan.

Harga dari novel ini pun sangat terjangkau. Tidak akan menguras dompet dan kantong kalian. Cukup dengan membayar enam puluh ribu rupiah saja kalian sudah bisa menikmati membaca buku yang luar biasa keren ini. Novel ini cocok sekali untuk kalian para remaja yang suka dengan cerita teen-fiction. Intinya, semua yang ada di novel ini sempurna.

Jangan lupa membaca hari ini.

Sekian blog ku kali ini. Semoga bermanfaat. Sampai jumpa kembali. Wassalamualaikum Wr. Wb.



Komentar