Berkreasi Dengan Dua Bahan

Aditya Intan Ratnasari
17/B
F31191557



Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Sudah memasak hari ini?

Di bulan Ramadhan seperti saat ini, kita pasti memilih untuk memasak menu makanan dengan bahan yang sederhana, cara memasak yang mudah dan tidak memakan banyak waktu namun rasanya enak.  
Siapa yang tidak tahu dengan wortel dan tempe. Dua bahan makanan ini sangat familiar dalam kehidupan sehari-hari. Bahkan hampir disetiap restoran dan warung makan, masakan dari dua bahan ini selalu tersedia.

Seperti yang saya lakukan, hari ini saya memasak oseng wortel dan tempe. Saya memasak oseng wortel dan tempe, karena dua bahan ini sangat mudah di dapat, rasanya enak, cara memasaknya pun mudah dan tidak membutuhtuhkan waktu yang lama dan yang paling penting memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Seperti yang kita ketahui, wortel adalah sayuran berwarna jingga yang menyimpan karbohidrat pada akar. Wortel biasanya dapat tumbuh dengan baik di daerah pegunungan tinggi. Wortel memiliki kandungan Vitamin A, C, B1, B2, B3, B6 dan B9. Wortel juga mengandung kalsium, betakarotin,  serat, zat besi, magnesium, fosfor, kalium dan sodium. Sedangkan manfaat dari wortel yaitu baik untuk kesehatan mata karena wortel memiliki kandungan Vitamin A. Selain itu, wortel dapat membuat kulit menjadi sehat,  menjaga daya tahan tubuh, memperkuat fungsi otak, menjaga berat badan, menurunkan kolesterol hingga 68%, mencegah kanker dan mencegah sembelit karena kandungan seratnya. Wortel dapat dimakan langsung, di buat jus, di masak menjadi soup, di olah menjadi cake dan bahkan saat ini wortel di kreasikan menjadi keripik. Cocok sekali untuk teman bersantai dan mengerjakan tugas.

Sedangkan tempe adalah makanan yang terbuat biji kedelai yang di fermentasi menggunakan ragi tempe. Tempe memiliki kandungan karbohidrat untuk memenuhi kebutuhan kalori tubuh, protein yang lebih kaya di banding daging sapi, kalsium yang setara dengan susu sapi, satu-satunya sumber vitamin B12 dari bahan nabati, mengandung asam lemak, mineral dan juga sumber antioksidan. Sedangkan manfaat tempe untuk kesehatan yaitu mencegah terjadinya flatulensi atau biasa di sebut perut kembung, mencegah asma, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menurunkan berat badan, mencegah osteoporosis, berpotensi mencegah radikal bebas yang dapat menghambat proses penuaan dan dapat mencegah terjadinya penyakit degeneratife seperti diabetes mellitus, kanker, jantung coroner dan lain-lain. Tempe juga mengandung zat antibakteri yang dapat mencegah diare, menurunkan kolesterol darah, mencegah penyakit jantung dan hipertensi. Tempe biasanya di goreng dengan tepung, di olah menjadi tempe bacem, keripik, rolade tempe dan baru baru ini di olah juga menjadi nugget tempe. Bahkan beberapa kali saya pernah mendengar, tempe dapat di kreasikan menjadi steak.

Berikut bahan-bahan dan cara memasak oseng wortel dan tempe.
Bahan-bahan :    
  1. 2 buah wortel 
  2. Tempe  
  3. 4 buah cabai 
  4. 2 siung bawang merah 
  5. 1 siung bawang putih 
  6. Minyak goreng secukupnya 
  7. 1 sendok teh garam 
  8. 1 sendok teh kaldu ayam 
  9. ½ sendok teh gula 
  10. Air secukupnya

Cara memasak :
  1. Kupas wortel kemudian potong menjadi 4 bagian, iris tipis dan cuci sampai bersih.
  2. Iris tipis tempe.
  3.  Haluskan bawang merah, bawang putih dan cabai
  4.  Panaskan minyak secukupnya dan tumis bumbu yang sudah di haluskan sampai harum.
  5.  Masukkan wortel yang sudah di iris. Aduk sampai wortel menjadi sedikit layu.
  6. Setelah sedikit layu, tambahkan air sedikit saja.
  7.  Kemudian masukkan tempe dan aduk sebentar.
  8. Tambahkan garam, gula dan kaldu ayam, jangan lupa untuk mencicipi..
  9. Aduk sampai merata dan tunggu sampai wortel dan tempe matang.
  10. Oseng wortel dan tempe siap di hidangkan.


Untuk tingkat kepedasan bisa di sesuaikan dengan keinginan. Untuk kalian yang suka makanan pedas kalian bisa menambahkan lebih banyak cabai dan untuk kalian yang tidak terlalu suka makanan pedas kalian bisa menggunakan lebih sedikit cabai. Agar oseng wortel dan tempe tidak terlihat pucat, kalian bisa menambahkan kecap saat memasak atau cabai merah besar saat menghaluskan bumbu. Makanan ini cocok sekali untuk lauk buka puasa dan juga sahur. Di tambah lagi dipadukan dengan nasi putih yang masih hangat. Pasti akan menjadi lebih nikmat. Masakan ini cocok juga untuk kalian yang tidak memiliki waktu banyak untuk memasak.

Untuk mendapatkan bahan-bahan tersebut cukup mudah. Bahkan hampir semua penjual sayur pasti memiliki bahan-bahan tersebut. Kalian bisa membelinya di pasar atau di tukang sayur keliling. Harganya pun tidak menguras kantong kalian. Untuk 2 buah wortel harganya yaitu dua ribu rupiah, dan 1 buah tempe yang di bungkus plastik harganya yaitu dua ribu rupiah. Sangat murah bukan?. Cukup mengeluarkan uang empat ribu rupiah kalian sudah bisa menikmati hidangan yang enak dan tentunya bergizi.

Nah, jadi sekarang sudah tidak ada alasan untuk malas memasak bukan?. Dengan bahan seadanya dan harga yang murah pun bisa menjadi makanan yang enak. Selain itu, kita juga dapat memastikan kebersihan dan kehigienisan dari masakan kita sendiri. Sehingga kita tidak mudah terserang penyakit. Selain itu jika kita memasak sendiri, kita akan menjadi lebih hemat.  Jangan khawatir untuk kalian yang baru mencoba-coba untuk memasak. Terus berlatih sampai kalian menjadi mahir memasak. Apalagi dengan kemajuan teknologi yang ada saat ini sangat dapat membantu kalian untuk memasak. Kalian bisa membaca resep yang ada di google, melihat tutorial memasak di youtube, Instagram bahkan tiktok.

Sekian cerita kali ini. Selamat mencoba. Sampai jumpa . Stay at home and happy fasting.

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatu.

Komentar